Jumat, 21 November 2014

Kisah Nyai Ageng Bagelen



Bagelen dan Mataram Kuno (Res:) Judul: Bagelen dan Mataram Kuno Penulis: Radix Penadi Penerbit: Lembaga Study dan Pengembangan Sosial dan Budaya Bagelen memiliki nilai dan karismatik sebagai sebuah wilayah. Wilayah yang luas -terdapat 20 kecamatan jika dibandingkan dengan kondisi administratif saat ini- dan terletak di Jawa Tengah bagian selatan (tepatnya di Yogyakarta) itu memiliki peranan yang sangat penting dalam sejarah tanah air. Operasi militer, perlawanan terhadap Kompeni, pembangunan candi (Prambanan dan Borobudur) merupakan beberapa bukti pentingnya wilayah tersebut. Bukti-bukti kebesaran Bagelen tercatat sebagai berikut: 1. di era Majapahit, Raja Hayam Wuruk pernah memerintahkan untuk menyelesaikan pembangunan candi makam dan bangunan para leluhur, menjaga serta merawatnya dengan serius (Negarakertagama); 2. di era Demak, Sunan Kalijaga (anggota Wali Songo) mengunjungi Bagelen dan mengangkat muridnya, Sunan Geseng untuk berdakwah di wilayah Bagelen; 3. di awal Dinasti Mataram, Panembahan Senopati menggalang persahabatan dengan para kenthol (tokoh-tokoh) Bagelen untuk menopang kekuasaannya. 4. ditemukannya bukti-bukti sejarah, seperti Lingga (52 buah), Yoni (13), stupa/Budhis (2), Megalith (22), Guci (4), Arca (38), Lumpang (24), Candi Batu atau berkasnya (8), Umpak Batu (16), Prasasti (3), Batu Bata (8), temuan lain (17), dan Umpak Masjid (20). Tapi pada akhirnya, Bagelen sebagai sebuah kawasan yang solid akhirnya terpecah seiring dengan ditandatanganinya Perjanjian Giyanti (13 Februari 1755) yang didesain oleh Kompeni Belanda untuk memecah Mataram menjadi dua kerajaan; Kasunanan Surakarta (Solo) dengan Sunan Paku Buwono III sebagai raja pertamanya, dan Kasultanan Yogyakarta dengan Sultan Hamengku Buwono I sebagai rajanya. Sebagian masuk Solo, dan sisanya masuk Yogyakarta. Secara peradaban, Bagelen sudah terbelah. Abad XIX (1825-1830), Bagelen ikut dalam Perang Jawa. 3000 prajurit Bagelen di bawah kendali Pangeran Ontowiryo menyokong perjuangan Pangeran Diponegoro yang terpusat di Tegalrejo, Magelang. Saking kuatnya perlawanan Bagelen, Kompeni Belanda sampai harus menggunakan taktik Benteng Stelsel, dengan mambangun 25 buah benteng di kawasan Bagelen. Usaha Belanda untuk semakin memperlemah Bagelen dilanjutkan di tahun 1901. Tanggal 1 Agustus, Bagelen dihapus secara karesidenan dan dilebur ke dalam Karesidenan Kedu. Selanjutnya Bagelen hanya dijadikan sebagai sebuah kecamatan saja. Kemudian Belanda juga membangun jalur transportasi Purworejo-Magelang untuk memudahkan pengawasan. Belanda juga menempatkan batalion militer reguler dengan dibantu serdadu negro (Ambon?). Kebijakan ini sangat nyata untuk menghilangkan jati diri Bagelen sebagai sebuah kawasan yang sangat berakar. Buku ringkas ini merupakan upaya penulis untuk melakukan rekonstruksi suatu aset nasional yang memiliki muatan lokal. Berikut penelusurannya: LATAR BELAKANG MATARAM KUNO Di Jawa Tengah abad VIII – X, ada kerajaan besar, bernama Medang yang terletak di Poh pitu. Kerajaan ini luas, dikenal subur dan makmur. Pusat kekuasaan dibagi menjadi dua; Pertama, negara yang bersifat internasional dengan beragama Budha, diperintah oleh Dinasti Syailendra. Kedua, negara yang diperintah oleh sepupunya yang beragama Syiwa. Kedua kerajaan ini berada dalam satu istana, dan disebut Kerajaan Medang i Bhumi Mataram. Berdasarkan prasasti berbahasa Melayu Kuno (Desa Sojomerto, Batang) memperkuat pendapat sejarawan Purbacaraka, bahwa hanya ada satu dinasti saja di Jawa Tengah, yakni Syailendra. Raja Sanjaya yang menganut Syiwa di kemudian hari menganjurkan putranya, Rakai Panangkaran untuk memeluk Budha. Menurut catatan Boechori, epigraf dan arkeolog, Syailendra merupakan penduduk asli Indonesia. Hal ini juga diperkuat oleh prasasti Wanua Tengah III (Temanggung) yang memuat silsilah raja-raja Mataram lengkap dengan tahunnya. ASAL-MULA RAJA SANJAYA DAN TANAH BAGELEN Berdasarkan prasasti Canggal (Sleman) menjelaskan: -ada sebuah pulau bernama Yawadwipa -negeri yang kaya raya akan padi, jewawut, dan tambang emas. -raja pertamanya : Raja Sanna. -setelah dia mangkat, diganti oleh ponakannya: Raja Sri Sanjaya Menurut catatan seorang sejarawan, Raja Sanjaya mendirikan kerajaan di Bagelen, satu abad kemudian dipindah ke Wonosobo. Sanjaya adalah keturunan raka-raka yang bergelar Syailendra, yang bermakna “Raja Gunung“, “Tuan yang Datang dari Gunung“. Atau, “Tuan yang Datang dari Kahyangan“, karena gunung menurut kepercayaan merupakan tempatnya para dewata. Raja Sanjaya dikenal sebagai ahli kitab-kitab suci dan keprajuritan. Armada darat dan lautnya sangat kuat dan besar, sehingga dihormati oleh India, Irian, Tiongkok, hingga Afrika. Dia berhasil menaklukkan Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kerajaan Melayu, Kemis (Kamboja), Keling, Barus, dan Sriwijaya, dan Tiongkok pun diperanginya (from “Cerita Parahiyangan“). Area Kerajaan Mataram Kuno (Bagelen) berbentuk segitiga. Ledok di bagian utara, dikelilingi Pegunungan Menoreh di sisi Barat dan Pegunungan Kendeng di utara dan basisnya di pantai selatan dengan puncaknya Gunung Perahu (Dieng), di lembah Sungai Bagawanta (Sungai Watukura, kitab sejarah Dinasti Tang Kuno 618-906). Catatan dinasti Tiongkok tersebut diperkuat juga oleh Van der Meulen yang menggunakan kitab “Cerita Parahiyangan” dan “Babad Tanah Jawi“. Bagelen merupakan hasil proses nama yang final. Bermula Galuh/Galih, menjadi Pegaluhan/Pegalihan, menjadi Medanggele, Pagelen, lalu jadilah Bagelen. Dalam prasasti Tuk Mas (Desa Dakawu, Grabag-Magelang) yang menyebut adanya sungai yang seperti sungai Gangga, maka Medang i bhumi Mataram bermakna “Medang yang terletak di suatu negeri yang menyerupai Ibu” (lembah Sungai Gangga). Dieng diasumsikan sebagai Himalaya, Perpaduan Sungai Elo dan Progo disamakan sebagai Sungai Gangga, dan pegunungan Menoreh disamakan sebagai Pegunungan Widiya
. SILSILAH NYAI AGENG BAGELEN 


Berikut kisah nyai ageng bagelen:
 Kisah Nyai Ageng Bagelen Carios Nyai Ageng Bagelen Nderek carios legendaries Nyai Ageng Bagelen punika cikal bakalipun tiyang-tiyang trah Bagelen, Nyai Ageng Bagelen punika sajatosipun asma aslinipun Rara Wetan, piyambakipun satunggaling Kenya ingkang sulistya ing warni, wasis nenun, remen ulah tetanen sarta remen nglampahi tapa brata, piyambakipun putranipun salah satunggaling tokoh kondang ing kukuban Bagelen ingkang asma Jaka Panuntun. Kacarios Jaka Panuntun punika putranipun Raden Panularan salah satunggaling jagal lan ahli nderes nira, Raden Panularan putranipun Prabu Kandihawa saking negari Karipan, dene Prabu Kandihawa punika putranipun Prabu Daniswara saking Negari Medhangkamulan, dados Rara Wetan makaten sejatosipun pancen taksih tedhak turunipun ngaluhur. Kathah jejaka ingkang sami kayungyun dhateng kasulistyanin Rara Wetan, lan kepengin mengku, Tumenggung Wingko salah satunggaling panguwaos ing kukuban Wingko kepranan sanget dhateng sang Rara, pramila lajeng utusan supados nglamar, namung panglamaripun katampik dening ingkang rama Jaka Panuntun kanthi pawadan bilih Rara Wetan dereng remen emah-emah, Tumenggung Wingko boten narimahaken pramila kanthi dhedemitan Rara Wetan lajeng kadhusta kabekta dhateng Wingko. Sinareng prikso bilih Rara Wetan kadhusta, Jaka Panuntun tumunten mbujeng Tumenggung Wingko sainggo dados pancakara, ing salebetipun pancakara wau Jaka Panuntun kasoran, kuwandanipun kontal lan kantaka, kakinten Jaka Panuntun sampun tiwas, mila lajeng kabucal ing lepen lereng ingkang rikala semanten pinuju bena, kuwanda keli katut ilining toya. Jaka Awu-awu Langit kaliyan Adipati Kayumunthu wekdal samanten nitih baita saking arah kidul, pirsa wonten kuwandha keli lajeng enggal-enggal paring pitulungan, ing wusana kuwandanipun Jaka Panuntun saged waluyajati, Jaka Panuntun lajeng nyariosaken sedaya lelampahanipun dhateng Jaka Awu-awu langit saha Adipati Kayumunthu. Mireng carios punika, Jaka Awu-awu Langit lajeng kagungan ada-ada badhe nglurug dhateng Tumenggung Wingko ingkang murang tata. Kacarios Tumenggung Wingko punika pancen sakalangkung sekti, mila panglurugipun Jaka Awu-awu Langit boten sawantah, nanging mawi siasat, ethok-ethokipun ngajak-ajak aben sawung, ing babak kapisan dereng katingal menang kawonipun, sawungipun Jaka Awu-awu Langit punika jalunipun sakalangkung landhep, kacarios landheping jalu wau nepak ing sela ingkang kapancal, sela kasepat sapunika kasimpen wonten ing salebeting desa Awu-awu, sasampunipun lerem sawatawis, lajeng kawiwitan babak kaping kalih, ing babak punika swasana tetandhingan katingal sangsaya rame, ingkang sami ningali rintip tepung mubeng, rikala pinuju gayeng-gayenging kawontenen wau, Jaka Awu-awu Langit nyerang dadakan dhateng tumenggung Wingko, wusana Tumenggung Wingko manggih tiwas, jalaran sami mboten sumadiya para balanipun inggih sampun boten saget lumawan, Rara Wetan lajeng kapendhet dening Jaka Awu-awu Langit tumunten kakonduraken dhateng Bagelen. Jaka Panuntun rumaos kapotangan budi dhateng Jaka Awu-awu Langit, pramila Rara Wetan lajeng kapalakramakaken kaliyan Jaka Awu-awu Langit kekalihipun sami gesang atut-runtut, sih-sinisihan, sasampunipun palakrami, Rara Wetan lajeng langkung kondhang mawi sebatan Nyai Ageng Bagelen. Bebrayanipun nem-neman kekalih wau gesangipun katingal bagya mulya, saya sasampunipun kaparingan putra cacah 3, ingkang pambayun miyos kakung kaparingan nama Bagus Gentho, ingkang panggulu putrid kaparingan tenger Rara Pitrah, lan ingkang waruju ugi putrid kaparingan nama Rara Taker. Kacariyos Nyai Ageng Bagelen punika prembayunipun ( payudara ) panjang, manawi pinuju nenun asring kasampiraken mewingking, papatan manawi putranipun badhe nyesep, namung sami ngenyot prembayunipun ingkang ibu saking wingking, pinuju taksih nyrempeng-nyrempengipun nenun, prembayunipun Nyai Ageng Bagelen kaemot pedhet cemeng ingah-ingahipun Bagus Gentho saking wingking, rumaosipun Nyai Ageng ingkang nyesep punika putranipun, pramila dipun kendelaken kemawon, nanging danguning dangu kok kraosbenten, tumunten dipun toleh, saiba kejotipun bilih priksa manawi ingkang nyesep wiwit wau punika pedhet cemeng, pedhet tumunten dipun penthungi ngantos pejah. Buku Nyai Ageng Bagelen Cerita tentang Nyai Ageng Bagelen Cerita Legenda tentang Nyai Ageng Bagelen adalah cikal bakal orang-orang / masyarakat Bagelen yang terletak di kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Nyai Ageng Bagelen mempunyai nama asli Rara Wetan, dia adalah putri yang cantik jelita, pintar di bidan kerajinan tenun, suka bertani, dan suka bersemedi atau tapa brata, dia merupakan putri dari salah satu toko yang sangat terkenal di kukuban Bagelen yaitu Jaka Panuntun. Diceritakan Jaka Panuntun adalah Putra dari Raden Panularan salah satu jagal dan ahli deres / mengambil sari dari buah nira, Raden Panularan putra Prabu Kandhidawa dari Negara Karipan, sedang Prabu Kandhidawa adalah Putra Prabu Daniswara dari Negara Medhangkamulan, jadi Rara Wetan adalah memang masih keturunan dari trah Kerajaan yang dihormati. Banyak para pemuda yang kasmaran kepada kecantikan Nyai Ageng Bagelen atau Rara Wetan, dan ingin mempersuntingya, Tumenggung Wingko adalah salah satu penguasa di daerah Wingko juga tertarik untuk mempersuntingnya, maka beliau mengutus utusan untuk melamarnya, akan tetapi lamaran Tumenggun Wingko ditolak oleh Ayahnya Rara Wetan yaitu Jaka Panuntun dengan alasan Rara wetan belum siap untuk berumah tangga, Tumenggung Wingko tidak terima dengan penolakan tersebut, sehingga dengan diam-diam menculik Rara Wetan untuk dibawa ke Wingko. Begitu tau Rara Wetan diculik, Jaka Panuntun lalu menuduh Tumenggung Wingko sehingga terjadi peprangan, dalam perang tanding Jaka Panuntun melawan Tumenggung Wingko, Jaka Panuntun mengalami kekalahan, tubuhnya terlempar dan tak sadarkan diri, dikira Jaka Panuntun sudah tewas, lalu dibuang ke sungai yang dahulu menuju ke sebuah telaga, tubuh Jaka Panuntun terbawa arus sungai ikut aliran air. Jaka Awu-awu Langit dan Adipat Kayumunthu saat itu dengan menggunakan sampan dari arah selatan, melihat ada sesosok tubuh hanyut lalu dengan segera memberikan pertolongan, dan selanjutnya tubuh Jaka Panuntun di angkat ke sampan dan di beri pengobatan sehingga bisa tertolong. Jaka Panuntun lalu menceritakan semua kejadian tersebut kepada Jaka Awu-awu Langit dan Adipati Kayumunthu, mendengar cerita dari Jaka Panuntun, Jaka Awu-awu Langit lalu mempunyai sebuah siasat untuk membunuh Tumenggung Wingko yang sudah menerjang aturan, diceritakan Tumenggung Wingko memang sakti mandraguna, sehingga Jaka Awu-awu Langit perlu siasat untuk menghabisinya yaitu dengan berpura-pura mengajak sabung ayam. Di babak pertama belum terlihat siapa yang menang dan siapa yang kalah, ayam Jaka Awu-awu Langit mempunyai jalu yang cukup tajam, diceritakan tajamnya jalu ayam Jaka Awu -awu Langit mampu membelah batu yang di hantamnya, batu tersebut sekarang tersimpan di dalam masjid di Desa Awu-awu, sesudah istirahat pertama selesai, sabung ayam kembali di lanjutkan, di babak kedua suasana sabung ayam tersebut bertambah ramai oleh sorak sorai para warga dan punggawa yang memenuhi arena sabung ayam tersebut, dan saat – saat puncak keramaian tersebut, Jaka Awu-awu Langit menyerang Tumenggung Wingko dengan tiba-tiba, sehingga tanpa perlawanan yang berarti tumenggung Wingko tewas di arena sabung ayam tersebut, dan punggawa yang lain begitu melihat Tumenggung wingko tewas meraka tidak mampu untuk memberikan perlawanan karena memang tiada persiapan. Rara Wetan lalu dikembalikan ke Bagelen ke pangkuan Jaka Panuntun, Jaka Panuntun merasa berhutang budi kepada Jaka Awu-awu Langit, lalu Rara Wetan di nikahkan dengan Jaka Awu-aw Langit, keduanya hidup berdampingan dalam kebahagiaan rumah tangga, dan diberikan tiga orang putra, yang pertama putra di beri nama Bagus Gentho, yang kedua putri di beri nama Rara Pitrah, dan yang terakhir juga putri di beri nama Rara Taker. Dalam ceritanya Nyai Ageng Bagelen mempunyai payudara panjang, waktu Nyai Ageng sedang bekerja ( menenun ) payudaranya di hisap oleh anak sapi ( pedhet ) piaraan Bagus Gentho dari belakang, perasaan Nyai Ageng yang menghisap adalah salah satu dari puteranya maka dibiarkan saja, akan tetapi lama kelamaan di rasa oleh Nyai Ageng tidak seperti biasanya, maka Nyai Ageng menoleh kebelakang, dan terkejut bukan kepalang Nyai Ageng ternyata yang menete ternyata adalah pedhet ( anak sapi ), akhirnya karena saking marahnya, pedhet tersebut di pukulinya sampai mati.
Berikut adalah video tntang nyai bagelen

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.